Book Review: Jump by Moemoe Rizal

by - Friday, June 29, 2012

BOOK review
Started on: June 27th 2012
Finished on: June 28th 2012

Judul Buku: Jump
Penulis: Moemoe Rizal
Penerbit: GagasMedia
Tebal: 374 hal.
Tahun Terbit: 2011
Harga: Rp 37.600 (20% OFF) (bukabuku.com)

Rating: 5/5
-------------------------------------------------------------------------------------------------------

"Menjadi cheerleader tidak sehebat yang kau duga-sampai kau mengalaminya sendiri"

Cerita ini dimulai saat cheerleading squad PIHS (Parahyangan International High School) yaitu PV (Parahyangan Vista) akan perform di acara unjuk gelar MOS yang juga menjadi penampilan terakhirnya Kiera sebagai anak cheers.
Lalu, karena Kiera Shenriva, captain PV angkatan keenam sudah kelas 3 SMA, maka ia tidak bisa ikut kegiatan ekstrakurikuler lagi-kecuali ia dapat SIK (Surat Izin Kejuaraan) dari sekolah, sehingga head cheerleader harus diberikan sama anggota yang baru naik ke kelas dua.

Kesialan pun terjadi. Ketika sedang diadakan ritual pembacaan sajak Sunda Kuno oleh Dinda saat penyerahan spirit stick ke captain baru, Kiera bersin. Bersin waktu pergantian captain dianggap sebagai bad luck. Karena dua tahun lalu, peringkat PV turun dari posisi 17 ke posisi 27 di ICC (Indonesian Cheerleading Competition), sebab waktu pergantian captain, ex-captain Erica bersin-bersin.

Tidak hanya itu, Kiera juga lupa menentukan nama empat kandidat captain angkatan ketujuh. Ia hanya punya tiga kandidat, yaitu Melinda, Aisha, dan Doni. Karena 3 di PV adalah bad luck. Maka, Kiera memilih Hers -cewek lesbian- sebagai kandidat terakhir. Diluar dugaan, yang terpilih menjadi captain PV angkatan ketujuh adalah.... Hers.

"Nggak ada ujungnya?" tanya Jevana balik sambil mengernyitkan dahi. "Kalau begitu emang masalahnya belum selesai. Lorongnya masih panjang. Kamu masih harus berjalan untuk menemukan ujungnya. Bukan berhenti di tengah perjalanan dan mengeluhkan kalau masalahmu nggak ada ujungnya. Jalaaan terus. Sampai kamu benar-benar ketemu ujungnya."

Masalah-masalah pun terus menghadang Kiera dengan mantan squad-nya seperti tak ada ujungnya. Terutama masalah yang berkaitan dengan Sheilla-si-muka-babi sang leader modern dance itu. Untung ada Viani, her true friend yang tergabung dalam ekskul Marching Band, yang selalu men-support Kiera. Juga Jevana, cowok yang Kiera kagumi sejak dulu.

Lalu skandal apa lagi yang akan terjadi? Kesialan-kesialan apa sajakah yang akan menimpa PV? Bagaimana akhir kisah Kiera dengan mantan squadnya?

Baca kisah selengkapnya di JUMP.

My favourite qoutes:
Orang yang sukses adalah orang yang bisa mengendalikan dan mengontrol emosinya.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------


Itu hanya secuil kisah dari buku Jump yang aku ceritakan. Aku nggak mau menceritakan apa skandal utamanya, supaya nggak spoiler bagi yang belum membaca.

Aku nggak menyangka, kalau yang menulis buku ini adalah cowok, Moemoe Rizal. Padahal hal-hal yang ditulisnya ini kerasa cewek banget. Good job for him!

Menurutku, novel ini bagus banget, endingnya cool. Terus di setiap akhir bab selalu ada in-cheer-mation, tips-tips gerakan cheerleader. That's why I give 5 stars for this book.
Tetapi, aku menemukan kesalahan ketik di hal.163 paragraf pertama baris ke-2 sampai ke-3. It's PIHS seharusnya, not VIS. Mungkin gara-gara penulisnya masih terbayang-bayang akan tulisannya di Glam Girls Series: Outrageous yang nama sekolahnya VIS (Voltaire International School). Namun itu tak menjadi masalah, selama aku masih mengerti jalan ceritanya.

Banyak pesan yang dapat diambil dari buku ini, yaitu seperti jangan terlalu ikut campur masalah orang lain.
Oke, segitu aja review dariku, semoga bermanfaat. Buku ini cocok banget buat cewek yang suka teenlit.

You are a cheerleader, you love toe touch...
You're like a heartbreaker, you'll make it hot,
When you put it on the show...

                                                                   By Cindy Pricilla

You May Also Like

0 komentar